Dinas Bina Marga Pastikan Pompa di 16 Underpass Berkondisi Prima

By Al


nusakin.com - Jakarta - Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta memastikan pompa di 16 underpass di DKI Jakarta dalam kondisi prima. Sehingga, potensi terjadinya genangan di underpass saat musim hujan akan bisa diminimalisir.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho meminta kepada seluruh petugas di lapangan untuk melakukan langkah antisipatif penanganan genangan dan banjir di underpass sesuai dengan standar operasional prosedur.

"Kemarin kami sudah cek pompa-pompa di underpass, semua dalam kondisi baik, termasuk sarana dan prasarana pendukung juga siap," ujarnya, usai mempimpin apel siaga banjir di halaman Kantor UP Penyelidikan, Pengujian dan Pengukuran Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Jalan DI Panjaitan, Jatinegara, Jakarta Timur

Hari menjelaskan, ketika ada potensi genangan petugas segera mengaktifkan genset dan mengoperasikan pompa. Kesigapan petugas sangat penting untuk mencegah potensi terjadinya genangan.

"Kita punya operator khusus, begitu ada genangan otomatis langsung mengoperasikan. Untuk operasional pompa di setiap underpass kita menugaskan enam orang yang terbagi dalam dua sif," terangnya.

Ia menambahkan, sebanyak 1.200 personel Dinas Bina Marga dikerahkan di lima wilayah kota untuk bersiaga dan bahu-membahu dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mencegah terjadinya genangan di jalan-jalan.

"Kami juga terus menargetkan zero hole di jalan-jalan Ibukota agar saat musim hujan lubang-lubang jalan tidak membahayakan pengendara," tandasnya.